Rabu, 16 Maret 2011

Beda Nasib klub Indonesia di AFC Champion League dan AFC Cup

Pertandingan kedua antarklub Asia baru saja usai, 3 klub Indonesia yang berlaga di ajang ini mempunyai hasil tidak sama. Di AFC Champion League, Indonesia mengirim Arema Malang dan Di AFC Cup, Indonesia menempatkan Persipura dan Sriwijaya.

Aturan di kejuaraan antarklub Asia, dengan diperbolehkan setiap klub menggunakan 4-5 pemain asing menyebabkan kekuatan setiap klub tidak bisa disamakan persis dengan kekuatan negara, sebagai contoh South Asia Hongkong, kalau berpatokan dengan kekuatan negaranya Hongkong mungkin masih sedikit di bawah Indonesia, tapi dengan adanya Nicky Butt (eks pemain Manchester United) dan Mateja Kezman (eks pemain Chelsea), klub ini menjadi kekuatan yang diperhitungkan.
Berikut hasil yang diraih klub dari Indonesia di matchday ke-2:
Sriwijaya FC Palembang yang bertanding di kandang TSW Pegasus FC Hongkong ternyata mencatat hasil positif dengan membawa pulang 3 angka dan menang 2-1, padahal Sriwijaya berangkat dengan banyak masalah seperti beberapa pemain intinya yang tidak bisa dimainkan seperti Firman Utina, M. Ridwan dan Okto, belum lagi jadwal kompetisi domestik yang padat membuat mereka kelelahan. Hasil ini sekaligus membungkam sesumbar pelatih TSW Pegasus FC sehari sebelumnya yang yakin akan menyapu bersih laga kandang mereka.

Arema Malang yang bertanding di kandang sendiri justru kalah telak 0-4 dari wakil Korea selatan Jeonbuk Hyundai Motors, padahal Jeonbuk menyimpan sebagian pemain intinya. Kualitas permainan Arema memang kalah kelas dari Jeonbuk ditambah lagi Arema memperagakan permainan terbuka yang berbeda dengan pertandingan sebelumnya. Lepas dari soal teknis, saat ini Arema juga sedang mengalami permasalahan nonteknis berkaitan dengan gaji pemain yang sampai 3 bulan belum dibayar yang sempat memicu pemogokan pemain dan beberapa pemain sempat akan mundur sampai pertemuan manajemen dan pemain sehari sebelum pertandingan.

Persipura Jayapura yang saat ini boleh dikatakan sebagai klub terbaik di Indonesia karena masih memimpin klasemen Indonesia Super League, menunai hasil paling bagus dengan kemenangan telak 4-1 atas East Bengal India. Meskipun bertanding di Jakarta yang bukan kandang sebenarnya, Persipura menunjukkan kelasnya dengan mendominasi permainan.

Dari hasil 2 pertandingan yang sudah dijalani, Persipura dan Sriwijaya yang bertanding di Piala AFC memimpin klasemen sementara dengan nilai empat dan Arema Malang harus menerima nasib berada di posisi juru kunci karena sudah dua kali kalah.

Setelah melihat sepak terjang ke-3 Klub ini, saya memprediksi Persipura dan Sriwijaya akan berbicara banyak di ajang ini, minimal lolos dari penyisihan grup karena memang kelas sepakbola Indonesia di Asia masih di level tengah, sementara Arema Malang sama dengan klub-klub Indonesia sebelumnya di ajang AFC Champion League akan menjadi pelengkap saja karena sulit untuk bersaing dengan team level atas Asia. Apakah benar prediksi saya ini? mari kita lihat saja..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar